Jenis Akar Kayu Aquascape


Pengunaan hardscape akar kayu akan semakin membuat tank kalian semakin natural. Penggunaan akar kayu bisa menambah kegantengan tank kalian jika ditunjuang dengan planting yang bagus. sehingga scapers rata rata menggunakan akar kayu untuk Aquascapenya

Motif dari akar kayu, warna ditambah penyusunanya merupakan beberapa faktor yang menentukan keindahanya dalam aquascape. tak jarang, kayu dengan motif yang bagus memiliki nilai jual yang mahal

Pada tanaman, yang sering digunakan untuk menghias aquascape adalah pada bagian akarnya saja. Itu karena akar memiliki bentuk yang banyak sekali cabang serta lekuk lekuk indah.

Dimata dunia, Indonesia bisa dibilang merupakan rajanya hardscape dari akar kayu lohh. Kreasi scaper scaper indonesia banyak melahirkan karya yang membuat indonesia semakin terkenal di bidang aquascape

nahh, mungkin kalian juga bisa membuat nama “rajanya hardscape” semakin dikenal dunia. caranya bisa juga dari karya karya kalian.

Namun sebelum membuat hardscape, jika kalian belum tau jenis jenis akar kayunya, akan saya share deh jenis jenisnya

Kriteria Akar Kayu Untuk Aquascape

sebelum masuk ke jenisnya, akan saya share dulu nih kriteria akar kayu yang bisa digunakan untuk Aquascape

seperti yang kita tau, bahwa yang digunakan untuk hardscape di Aquascape adalah bagian akarnya. Batangnya bisa sih tapi jarang digunakan

  1. Akar Kayu kuat & cukup keras. Hal ini wajib agar bisa awet bertahun tahun di aquascape kita. semakin keras kayu maka semakin baik.
  2. Tidak membuat Parameter air jadi buruk, mengingat parameter air berperan dalam ekosistem Aquascape (tanaman, ikan dan pertumbuhan algae).
  3. Memiliki Motif bagus, hal ini tidak begitu wajib karena ditangan orang kreatif barang begini bisa jadi bagus kok
  4. Sudah kering & bersih, kering dalam artian sudah terjemur / dijemur sehingga akar akan benar benar kering & tidak ada jaringan tumbuhan yang masih hidup. lalu jangan lupa dicuci agar bersih

Memang segala jenis kayu rata rata bisa digunakan di aquascape. Tinggal kita pilih pilih nih yang sesuai dengan kriteria

berikut adalah jenis jenis kayu di aquascape yang bisa kalian gunakan.

Jangan Lupa yang ini dibaca yaaa :2 Cara Mengatasi Akar Kayu Mengambang di Aquascape

Jenis Akar Kayu Aquascape + Harga

1. Akar Rasamala

akar rasamala aquascape

Akar rasamala merupakan jenis hardscape yang banyak sekali digunakan oleh scaper karena memang bentuk akarnya yang natural. Kayu rasamala memiliki tekstur yang keras dan berwarna coklat kemerahan

Baca Juga: 11 Jenis Tema / Style di Aquascape Terbaik

Kreasi hardscape dari akar rasamala ini ada banyak, ada yang langsung disusun, ada yang dirakit dengan imajinasi tertentu, ada juga yang dibuat bonsai Aquascape

Intinya sih, penggunaan akar rasamala ini sangat bebas & dapat digunakan apa aja, tinggal keahlian kalian, apakah bisa menyusunya atau tidak

Harga Akar Rasamala

Rp.20.000 – 80.000 tergantung ukuran

2. Akar Senggani

akar senggani aquascape

Akar senggani dan akar rasamala merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan, dan paling banyak di toko aquascape. intinya 2 kayu diatas udah yang paling top di dunia Aquascape

Akar senggani memiliki ukuran yang kecil berwarna coklat muda dan memiliki tekstur yang cukup keras.

Karena bentuknya yang kecil, akar senggani sering digunakan untuk detailing pendukung hardscape lainya. Akar senggani ini jika disusun dengan baik sangat bisa & menghasilkan tampilan yang menawan

penggunaan akar senggani ini jarang yang langsung dimasukan ke tank. Biasanya scaper merakitnya menjadi hardscape ala ala jungle style, atau bentuk sesuai imajinasi pembuatnya

Akar senggani termasuk akar kayu murah untuk aquascape

Harga Akar senggani

Rp.2000 – 6.000 tergantung ukuran & banyaknya cabang

3. Kayu Santigi

santigi aquascape

Nah ini nih kayu yang memiliki kualitas yang bagus dari asalnya

Kayu ini memiliki tekstur yang keras banget, sangat awet digunakan untuk aquascape. warnanya coklat muda pucat, namun sangat natural jika diaplikasikan ke aquascape

Keunikan kayu ini terletak di teksturnya / bentuknya yang kelihatan berserat. sehingga tampak detail sekali dan sangat natural

Kayu ini sangat cocok untuk bonsai, atau tinggal disusun di tank aja sudah bagus. Cocok untuk aquascape yang minimalis

Baca Juga: 30+ Desain Aquascape Sederhana & Minimalis

Harga kayu santigi

Rp.50.000 – jutaan , tergantung ukuran (ada harga ada kualitas)

4. Kayu Bakau

kayu bakau aquascape

Berbahagialah kalian yang hidup di dekat pantai, karena disitulah habitat kayu santigi dan kayu bakau ini. Kedua kayu tersebut sangat cocok untuk aquascape

Kayu bakau memiliki warna coklat keabu abuan. Teksturnya keras dan memiliki serat serat / motif yang bagus. Sangat terlihat detai dan natural

Karena kayu ini keras dan warnanya agak cenderung gelap, kadar tanin nya sangat banyak. Sehingga bisa membuat air aquascape kalian berwarna coklat teh

Namun ada kok cara menghilangkan taninya, nanti akan saya share

Harga Kayu bakau

Rp.20.000 – ratusan ribu, tergantung ukuran

5. Akar Kopi

akar kopi aquascape

Selain bisa untuk minuman, tanaman kopi bisa menghasilkan nilai keindahan untuk aquascape. Akar dari tanaman kopi ini dapat dimanfaatkan untuk hardscape yang bagus di aquascape

Akar kopi memiliki warna coklat muda, dan bentuk yang memiliki banyak cabang dan lekukanya unik/ bervariasi.

Untuk mendapatkanya di toko aquascape agak susah. Rata rata scaper mendapatkanya dengan cara mencari sendiri. Kan lebih enak, gratis dan tanamanya gampang dicari

Harga Akar Kopi

Rp.0 – 60.000, jarang dijual di toko

6. Batang Asem

akar asem

Rata rata memang bagian yang digunakan untuk hardscape adalah bagian akar. Namun ada kok bagian lain yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik aquascape

yaitu batang pohon asam. Yaa bentuknya cuma lurus saja, gaada cabangnya gak seperti akar. Namun disinilah keunggulanya

batang pohon asam sering digunakan untuk miniatur batang pohon pinus / hutan. Kalian bisa lihat di gambar

Harganya murah dan mudah didapat. Kalian bisa mendapatkanya di alam, atau mencarinya di toko penjual perlengkapan burung. Karena batang asem sendiri sering digunakan untuk tangkringan burung

Harga Batang asem

Rp.3000 – 6000 per batang dengan ukuran tertentu

7. Akar Jambu

akar jambu

Pohon jambu memiliki buah yang enak. Selain itu, bagian lain dari buah jambu yang enak adalah akarnya. Enak untuk dilihat maksudnyaa..

Akar kayu jambu memiliki warna coklat muda dan memiliki tekstur yang halus. Untuk mendapatkanya, kalian bisa mencarinya di sekitar kalian secara gratis

FYI: kebanyakan scaper menggunakan tanaman jambu untuk digunakan sebagai diffuser gratis, cek 4 Tutorial Membuat Diffuser CO2 DIY di Aquascape

Harga Akar Jambu

Rp.0 – 60.000, jarang dijual di toko

8. Akar Jati

akar jati

tak banyak scaper yang menggunakan akar jati ini untuk aquascape. padahal akar jati memiliki bentuk yang bagus

Warna akar jati yaitu coklat muda pucat, terkstur keras tapi halus, serta bentuknya sangat unik. Tinggal cemplungin di aquascape saja sudah terlihat bagus

Akar ini cukup sulit dicari dan harganya cukup mahal. Jika kalian mempunyainya, beruntung sekali kalian

Harga Akar jati

puluhan – ratusan ribu rupiah

9. Akar Kayu “terserah”

Seperti yang telah saya katakan diatas, kebanyakan kayu bisa untuk aquascape, asalkan sudah memenuhi kriteria yang sudah dijelaskan diatas.

kalian bisa main main di tempat yang terjadi “pengolahan tanah” misalnya pembukaan lahan, pemerataan tanah, penggalian dll. disana kalian akan menemukan akar kayu cabutan yang tidak dipakai.

usahakan cari akar yang sudah dicabut sejak lama, dan sudah mengalami bermacam macam (terjemur, terkena hujan, sedikit terurai dll)

Kalian bisa memintanya untuk dibawa pulang dengan harapan diberi Gratis😂😂, setelah itu kalian harus mentreatmentnya (akan saja jelaskan nanti dibawah)

Berdasar pengalaman saya: saya menggunakan akar kayu untuk hardscape yang sampai saat ini saya tidak tau jenis akar pohon apa. Saya menemukan di kebon dan saya treatment, lalu saya masukan untuk aquascape kecil saya. Hasilnya sudah sekitar hampir 1 tahun masih aman aman saja

Baca Juga: 14 Jenis & Harga Batu Aquascape 2020

Kayu Lainya

adapun kayu lain yang bisa digunakan di Aquascape, namun sulit didapat karena cuma ada di luar negri & harganya mahal. diantaranya

  • Mopani wood
  • Hornwood
  • Branchwood
  • Manzanita 
  • Cholla Wood
  • Ribbon Wood
  • Beefwood
  • Madrona
  • dll

Jika kalian ingin mencari kayu ini, coba kalian ke toko aquascape yang gede / import dari luar negri

Treatment Penting pada Akar Kayu

nahh, akar kayu yang kalian beli sebaiknya ditreatment dulu dan jangan langsung dimasukan ke aquascape. Karena kemungkinan masih ada lendir/getah & tanin nya.

Apalagi yang langsung dapat dari alam, sangat penting untuk melakukan treatment berikut ini

1. Menjemur Akar kayu

Akar kayu yang baru didapat di alam sebaiknya dijemur dulu agar kandungan air di akar jadi hilang, serta mematikan jaringan yang mungkin masih aktif di akar

jika kalian beli akar dalam keadaan sudah kering, kalian bisa skip tahap ini

2. Mengupas kulitnya

Jika kalian membeli atau menemukan akar kayu yang masih ada kulitnya, sebaiknya kupas dulu. Selain kulitnya banyak getah/lendirnya, ada alasan lain mengapa harus dikupas.

kulit akar kayu lama kelamaan akan lepas sendiri. sehingga percuma kalau kalian menempelkan moss & tanaman di kulitnya karena akan lepas

Rata rata akar kayu yang dijual di toko aquascape sudah kupasan. Atau kalian bisa tanyakan langsung ke penjualnya

3. Menghilangkan Taninnya

akar kayu baik dari toko maupun dari alam kebanyakan masih mengandung tanin & getah/lendir

Tanin adalah senyawa organik tak kasat mata yang bisa merubah air menjadi warna coklat teh

Sangat penting sekali untuk melakukan treatment menghilangkan tanin ini. Kalian tidak mau kan air aquascape kalian jadi coklat teh?

selengkapnya bisa baca Cara Mengatasi Tanin & lendir Pada Kayu di Aquascape

4. Perakitan Akar kayu

bonsai aquascape

sebenarnya ini bukan tahap treatment, tapi tahap pengolahan / perakitan

Ini tergantung kalian, apakah akar kayunya langsung disusun ke Tank, atau mau dibuat bentuk tertentu. Misalnya bonsai Aquascape, replika akar akar an, dll sesuai imajinasi. Rata rata scaper menggunakan tanaman Moss Aquascape untuk ditempelkan di kayu

Akhir kata

Itulah jenis jenis akar kayu di aquascape beserta harga dan treatment khususnya. Melakukan treatment ke akar kayu sangat penting, makanya sekalian saya tekankan kepada kalian. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk SHAREEE YAAA

Tinggalkan komentar