CO2 DIY Citrun Soda Kue


Co2 Citrun soda kue pada Aquascape – Jika kita bicara tentang Komponen/unsur pendukung pada Aquascape, pasti CO2 di Aquascape sendiri memiliki pernanan yang sangat penting dalam menumbuhkan tanaman, mempersehat, memperbaiki struktur daun, batang, serta menghindari dari algae yang menyerang

Memang CO2 ini merupakan bahan pokok untuk tanaman berfotosintesis yang bisa membuat tanaman tersebut tumbuh dengan baik, (jika pingin lebih baik lagi tumbuhnya, bisa kalian gunakan juga Pupuk cair). Intinya sistem CO2 itu cukup penting dalam pembuatan aquascape yang baik

Seberapa Penting CO2 Untuk Aquascape?

karbondioksida

pertama tama mari kita pahami dulu apa itu CO2 / karbondioksida

CO2 / karbondioksida adalah gas cair yang, bersifat sedikit asam, sukar terbakar, tidak punya warna dan tidak memiliki bau

Lalu mengapa CO2 a.k.a karbon dioksida ini penting buat tumbuhan?

jadi tentunya kalian SD dulu pernah belajar mengenai IPA, di pelajaran tersebut dijelaskan bahwa Fotosintesis tanaman membutuhkan CO2 dan mineral.. kalau lupa liihat gambar dibawah

fotosintesis co2

Lalu, bagaimana jika tanaman Aquascape tidak disuplai CO2 dari luar? (misal CO2 tabung/ CO2 DIY)?

Kalau hidup sih tetap hidup, tapi pertumbuhan akan lama, bakal sakit, munculnya algae di Tank, dan masalah lainya

Oleh karena itu CO2 sangatlah penting buat Aquascape kalian..

tapi wajib engga sih Aquascape pakai CO2?

engga diwajibkan, tapi Sangat direkomendasikan

CO2 DIY Aquascape dari Citrun & Soda kue (Cisod)

Mengingat pentingnya CO2 bagi tanaman Aquascape kalian, tentunya kalian akan berfikir untuk menambahkanya kan? Namun, CO2 yang umum digunakan dalam aquascape (CO2 tabung) memiliki harga yang mahal, untuk 1 set CO2 bisa sampai 1 jutaan

Namun tenang, tidak ada rotan, akar pun jadi

Kita bisa menambahkan CO2 di Aquascape kita dengan harga yang murah, Bahkan modal Rp.20.000 pun cukup (untuk yang paling sederhana & serba DIY).

Jadi kali ini kita akan membuat CO2 Aquascape dari Citrun & Soda kue yang murah.

Jika larutan Citrun dicampurkan dengan Soda kue, maka akan menghasilkan CO2 dengan jumlah yang cukup tinggi, dengan tekanan yang sangat tinggi juga

jadi hal yang paling penting dalam CO2 DIY dari Citrun & Soda kue / cisod, adalah alatnya yang rapet, tidak mudah bocor, dan tahan tekanan tinggi. Selain itu kalian juga perlu secara berkala mengecek tekanan botolnya, asalanya apa? nanti akan saya jelaska

Kelebihan CO2 Citrun & soda kue

  • Murah
  • Bahan Mudah didapat
  • Tekanan tinggi, segala macam diffuser pasti bisa dipakai
  • reaksi cepat, tidak perlu nunggu 12 jam seperti CO2 Ragi & Gula
  • Cukup tahan lama daripada CO2 Ragi & Gula
  • Dapat digunakan berkali kali
  • Kemungkinan ngebull sangat tinggi, bahkan hampir dipastikan Auto ngebull CO2 nya

kelemahan

  • Dapat meledak jika tekananya terlalu tinggi (nanti ada tips biar hal ini tidak terjadi)
  • Setiap +-2 minggu sekali harus isi ulang Citrun & Soda kuenya

Silahkan Bandingkan dengan Co2 Ragi & Gula Aquascape

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Karbondioksida dari CItrun & Soda kue

Tutorial Membuat CO2 DIY Citrun & Soda kue Aquascape

langsung saja kita jelaskan. Sebisa mungkin saya akan menjelaskan dengan rinci & mudah dipahami Pemula yang ingin membuat CO2 Citrun & Soda kue Aquascape ini

FYI, durasi karbondioksida Cisod (Citrun & Soda kue) ini sekitar 2 mingguan. Jadi cukup lama dibandingkan dengan CO2 Ragul

Bahan & Alat

Wajib

  • Botol Sprite 1L (2 buah) saya mewajibkan botol sprite karena lebih keras (lebih tahan tekanan tinggi) dibanding botol lainya seperti fanta, cocacola dll. Rata rata kasus botol CO2 meledak karena botolnya tipis, seperti fanta atau cocacola
  • Tutup Botol Sprite (1 buah)
  • Tutup botol CO2 DIY Aquascape (1 buah) – Rp.15.000
  • Selang Aquarium kecil (2m) – Rp.2000
  • Konektor selang kecil (1) – Rp.1000
  • Diffuser CO2 – Rp.0 – 100.000 , kalau mau gratis tinggal buat sendiri bisa cek Rp.0!! 4 Tutorial Membuat Diffuser CO2 DIY di Aquascape
  • Alteco/lem korea (1) – Rp.4,500
  • Serbuk kopi – ambil dapur aja
  • Citrun 200gr – Rp.6000 (biasanya merek gajah)
  • Soda kue 200gr – Rp.3000
  • Seal Tape – Rp.3.000 – penting agar antar sambungan tidak bocor

Optional/Tambahan

  • Kran Selang Aquarium (1) – Rp.1500 – 60.000 tergantung kualitas namun disini saya gunakan yang paling murah
  • Pipa U selang kecil – Rp.8.000 – agar lengkungan atas aquarium jadi rapi
  • Check Valve – Rp.8.000 – Agar gas CO2 yang sudah keluar tidak bisa masuk lagi & mengindari air aquarium yang bisa masuk ke botol

Jika semua bahan sudah dikumpulkan, saatnya praktekk

Saran saya sih semua bahan diatas dibeli semua, namun jika kalian ingin yang murah lagi (kurleb Rp.20.000) nanti akan saya kasih resepnya.

Pembuatan reaktor/Alat penghasil CO2 nya

tabung reaktor co2

saya jelaskan satu persatu setiap bagian agar mudah dipahaminya yaa

1. Untuk Tutup A, gunakan tutup botol sprite yang dilubangi dengan obeng yang dipanasin, atau dengan gunting, lalu dimasukan konektor selang kecil di lubangnya. Agar semakin aman /tidak bocor, pada bagian bawah tutup ditaburi kopi, lalu ditetesin lem alteco/lem korea. Hasilnya botol bakal rapet & antibocor. cek gambar dibawah

tutup botol co2

2. Tutup B adalah tutup CO2 Diy Aquascape yang bisa kalian beli di toko aquascape atau olshop. Dengan barang ini, kalian tinggal memasang setiap selang aquarium kecil seperti gambar reaktor/alat penghasil co2 tadi. Agar menghindari dari kebocoran kecil yang mungkin terjadi, kalian bisa menggunakan sealtape seperti gambar dibawah.

tutup co2 diy aquascape cisod

3. Pada bawah tutup Botol B, terdapat terusan selang dari botol A, nah silahkan kalian lobangi pada bagian yang saya kasih keterangan di gambar diatas (diatas No1). Lubangnya bisa kalian lihat di foto ini

co2 aquascape citrun soda kue

4. Jadi Check Valve ini sifatnya optional, boleh pakai boleh tidak bila pingin hemat. Tapi saran saya agar kalian menggunakan saja agar tidak terjadi hal yg diluar dugaan. Untuk pemasanganya tidak boleh terbalik!! pemasangan yang benar bisa kalian lihat cucuk dalam check valvenya, itu bisa menandakan arahnya. cek gambar dibawah…

5. Selanjutnya pada bagian selang, sebagai bahan, kita gunakan Kran selang yang Rp.1,500 dulu. Sebenarnya kurang rekomended karena gampang bocor & tekananya tidak stabil. Namun akan saya kasih Tips agar 100% aman sentosa. BTW, jangan lupa perhatikan input dan output kran nya, bisa kalian cek juga di gambar dibawah

kalian cukup memberi sealtape pada bagian yang saya lingkari dibawah. Sudah saya coba dan alhamdulilah aman jaya..

mengatasi kran co2 aquascape bocor

6. Tentunya kalian menginginkan aquascape dengan tampilan yang rapi bukan? nah untuk menambah estetika dan kerapian, kalian bisa gunakan Pipa U selang kecil. fungsi dan pemasanganya bisa kalian cek dibawah

co2 citrun soda aquascape

7. Bagian bagian tertentu sudah saya terangkan, sekarang kalian tinggal menyambungkan antar bagian menggunakan Selang kecil yang sudah kalian persiapkan. Untuk sambunganya bisa kalian lihat di gambar diatas no1 tadi.

Sedikit tambahan...Pada bawah artikel saya siapkan juga Tips agar menghindari kebocoran & meminimalisir resiko CO2 Cisod meledak

Baca Juga: Aquascape Low Tech : bermain aquascape tanpa CO2

Resep CO2 Cisod Modal 20k

yang perlu kalian siapkan

  • Botol Sprite 1L (2) – gratis tinggal mulung
  • Tutup Botol sprite (2)
  • Citrun 150gr – Rp.4.500
  • Soda kue 200gr – Rp.3000
  • Selang aquarium 2m – Rp.2000
  • conector selang kecil (3) – Rp.1500
  • Lem Alteco – Rp.4500
  • kopi – gratis ambil dapur

Bahan yang perlu di DIY kan

  • Tutup Botol B dibuat DIY (cek di youtube)
  • DUffuser dibuat DIY (cek di youtube)

Setelah semuanya siap, kalian tinggal pasang semua bahan seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Tanpa check valve, tanpa kran, sederhana lah pokoknya

jika sudah kalian rangkai semuanya, sekarang kita tinggal meracik Bahan Bahanya

Jika kalian masih bingung / ragu, silahkan komentar dibawah. Sebisa mungkin saya akan membalas nya

Meracik Bahan Citrun & soda kue

tabung reaktor co2

saya tampilkan lagi gambarnya biar mudah buat ngeliatnya

1. BOTOL A: Masukan air sebanyak 400ml, lalu masukan juga 200 gram citrun nya. Kocok / aduk agar terlarut. FYI: nanti larutan citrunnya akan terasa dingin. itu wajar kok

2. BOTOL B: Masukan 200ml air, lalu masukan juga 200 gram soda kuenya. lalu diaduk saja (jangan dikocok agar soda tidak menempel di dinding botol)

3. Tutup Botol A dan Botol B dengan kuat agar tidak bocor. lalu pasangkan difusser di aquascape kalian

4. Pencet Botol A (sehingga larutan citrun nya akan berpindah di Botol B). Nanti akan terjadi reaksi di Botol B yang menghasilkan CO2. Pencet pencet beberapa kali sampai CO2 keluar dari diffuser & kedua botol sama sama keras.

5. Nah Mudah kan?

Baca Juga: CO2 DIY Ragul vs Cisod Bagus Mana?

Masalah yang sering terjadi

Tak semua percobaan akan mendapatkan hasil yang sesuai. ada saja masalah kecil maupun besar yang bisa menyertai kalian dalam membuat CO2 aquascape ini

1. Reaktor Yang Bocor

Dikarenakan CO2 dari citrun dan soda kue ini menghasilkan tekanan yang sangat tinggi, maka setiap kebocoran yang kecil pun akan membawa dampak yang menjengkelkan. misalnya saja banyak CO2 yang terbuang percuma atau hal lain

yang seharusnya CO2 ini bisa bertahan 2 mingguan, kalau bocor sih ganyampe seminggu sudah habis. endingnya boros pengeluaran buat beli bahanya

yang harus diperhatikan agar Reaktor CO2 tidak mudah bocor yaitu, kekencangan, kerapatan & ketahanan terhadap tekanan tinggi

Beberapa Bagian pada reaktor yang sering bocor

  • Tutup Botol A (solusi: banyakin kopi & ngelemnya)
  • Kran yang Rp.1500 an (solusinya di sealtape seperti diatas)
  • Sambungan antar selang (tinggal kencangin & selalu beri sealtape)
  • Tutup Botol B DIY / buatan kalian sendiri (mending beli saja daripada bocor malah nambah masalah 😂)

Tips! saya mau berbagi sedikit pengalaman mengenai membeli Tutup Botol khusus CO2 Aquascape. Ceritanya saya beli yang 15 rebuan sudah 3x dan endingnya pada tutup botolnya pecah semua

penyebabnya karena saya menutupnya terlalu kencang & bahan tutupnya jelek. jadinya peceh deh… akhirnya saya memutuskan beli yang 30 rebuan. bentuknya beda, kokoh, bahanya bagus dll tutup botol yang 30 rebuan biasanya ada di Olshop

2. Tidak tahan lama/boros

Yang harusnya bertahan 2 mingguan, eh ganyampe seminggu dah habis. kan menjengkelkan..

ada beberapa faktor mengapa CO2 tidak tahan lama alias boros. berikut adalah penyebabnya & solusi

  • Kebocoran. yaaa gimana lagi, namanya juga bocor pasti CO2 nya banyak yang terbuang percuma. Apalagi CO2 jenis cisod memiliki tekanan yang tinggi. Bocor sedikit saja, CO2 yang terbuang akan banyak. Solusinya bisa kalian lihat di no 1 tadi
  • kalian menyeting CO2 nya terlalu kencang. Selain dapat membuat ikan mabok, penggunakan CO2 yang terlalu kencang tentunya membuat boros. Solusinya kalian kecilin kran nya perlahan lahan (Pokoknya kalau pake kran yang Rp.1,500 an kudu sabar)

3. Resiko terjadi ledakan

ledakan yang dimaksud disini bukan yang sangat fatal, sampai ledakanya terdengar di radius 1km dll. bukan itu yang saya maksud

Ledakanya seprti mercon yang gulungan itu. Keras, bikin kaget pastinya, dan yang paling merepotkan ketika cairanya menyebar kemana mana.

Cairanya sih sifatnya susah dihilangkan. Namun sedikit tips apabila (amit amit semoga jangan sampai) terjadi seperti itu, kalian bisa menghilangkan cairan yang membandel tersbut dengan mengepelnya tiap hari selama seminggu

memang susah dihilangkan sih, tapi ya gimana lagi

Berikut akan saya jabarkan Hal hal yang wajib kalian perhatikan agar resiko ini tidak terjadi

Tips mencegah CO2 Cisod Meledak

1. Jangan sampai botolnya keras banget seprti batu (susah banget untuk tekan tekan). Jika sudah begini, kalian buka Tutup Botol A secara perlahan lahan. maka tekananya akan berkurang

2. JANGAN PERNAH SESEKALI MEMBUKA TUTUP BOTOL B. Mengapa? jika kalian membuka tutup Botol B, maka tekananya akan berkurang, lalu cairan citrun dari Botol A akan banyak berpindah ke Botol B. Akibatnya Terjadi Over reaksi yang sangat cepat & kuat di Botol B.

jika sudah begini, cara paling tepat menurut saya yaitu, Tenang, lalu segeralah tutup Botol B kembali, lalu sesegera dan secepat mungkin kalian buka tutup botol A

3. Selalu cek tekanan secara Rutin, sehari sekali kalian pencet pencet botolnya. Jika keras seperti batu (benar benar tidak bisa ditekan sedikitpun), maka solusinya buka tutup botol A secara perlahan. ingat JANGAN PERNAH BUKA TUTUP BOTOL B

4. Menggunakan Preassure gauge. pressure gauge adalah pengukur tekanan yang berbentuk seperti spedometer hahaha. Biasanya dipasang di Tutup Botol A. Harganya sekitar Rp.35.000. berikut gambarnya

co2 citrun soda aquascape

5. JANGAN PERNAH MENGKOCOK BOTOL B, mengocok botol B juga dapat membuat Over reaksi, sehingga akan menghasilkan CO2 yang sangatlah banyak. Botol akan semakin keras kemudian bisa meledak. Jika Botol B tidak sengaja terkocok, kalian bisa membuka tutup botol A agar tekananya turun

6. Sebenarnya yang terakhir ini bukan ledakan, tapi semburan. Yang saya alami ini ceritanya sambungan selang di pipa U nya kurang kencang. sehingga tiba tiba lepas karena tidak kuat menahan tekanan, lalu yang terjadi Citrunya banyak yang berpindah ke soda kue, lalu terjadilah over reaksi yang sangat cepat. lalu dari selang tersebut menyembur cairan cairan Cisodnya

Baca Juga:

Nah itulah beberapa tips dan larangan agar kalian terhindar dari hal yang tidak tidak.

Jangan pernah takut kepada CO2 Cisod ini, karena sudah saya kasih pemahaman seperti ini. Dengan begitu kalian bisa lega.

Pengalaman saya selama hampir setaun pakai cisod, alhamdulilah tidak pernah meledak. Paling parah cuma cairan yang nyembut akibar over reaksi

Akhir Kata

Sekian artikel cara membuat CO2 aquascape dari citrun & soda kue dari saya, Silahkan share jika bermanfaat, silahkan berkomentar jika kurang paham.

4 pemikiran pada “CO2 DIY Citrun Soda Kue”

    • kalau botol alkohol dari kaca sebaiknya tidak digunakan pada larutan citrun (kalau soda kue bisa). karena di botol citrun kita mengharuskan memencet botol tersebut. kalau saya menggunakan botol sprite seperti diatas

      Balas

Tinggalkan komentar