CO2 DIY Ragi & Gula Aquascape


Membuat Co2 aquascape dari Ragi & Gula (Ragul) – Tentunya kalian sudah tau kalau tanaman membutuhkan CO2 untuk berfotosintesis. Menggunakan CO2 dalam bermain Aquascape memang sangat dianjurkan bahkan wajib dalam beberapa tema Aquascape (tergantung tumbuhan).

Penggunakan co2 ini sangat penting untuk pertumbuhan aquascape, menghambat/mengatasi pertumbuhan algae, dan faktor lainya. Bahkan perbandingan antara Aquacsape yang tidak menggunakan CO2 vs Menggunakan CO2, hasilnya akan signifikan

Ini akan menjadi Artikel Tutorial + pembahasan secara detail & Panjang. jadi simak baik & siapkan kopi duluuu hehehe..

Mengenal CO2 & Fungsi Untuk Tanaman

CO2 / karbondioksida adalah gas cair yang, sedikit asam, tidak mudah terbakar , tidak berwarna, tidak berbau, dan sedikit asam.

Karbondioksida ini sangat penting dalam fotosintesis tumuhan karena karbondioksida sendiri merupakan bahannya.

Jika kalian menggunakan Co2, maka fotosintesis akan berlangsung lebih banyak, sehingga tanaman kalian akan tumbuh maksimal

Manfaat Co2 dalam Aquascape

  • Sebagai bahan baku fotosintesis tumbuhan
  • Membuat tanaman lebih cepat tumbuh dibanding tanpa Co2
  • Menghambat/mencegah pertumbuhan algae
  • membuat tanaman lebih sehat

Apakah Aquascape harus memakai CO2?

Jika kalian menginginkan tanaman yang cepat tumbuh, sehat maka wajib menggunakan Co2

jika kalian tidak memakai co2, masalah sulit tumbuh, tanaman kurang sehat, munculnya berbagai alga, dll bisa menghampiri kalian

Co2 Aquascape Ragi dan Gula (ragul) DIY

dikarenakan sumber CO2 yang dari tabung, seperti gambar ini, harganya cukup mahal & harganya bisa untuk bikin aquascape lagi, maka solusi terbaiknya adalah membuat CO2 DIY (do it yourself) menggunakan ragi + gula, atau bisa menggunakan citrun + soda

Bagi para scapers pemula yang tidak mau merogoh kocek yang cukup dalam, bisa menggunakan CO2 buatan sendiri

Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial beserta membahasnya cara membuat Co2 aquascape dari Ragi + Gula untuk pemula

Inti dari Co2 Ragi + Gula yaitu : Menghasilkan proses fermentasi

Baca Juga: Co2 Aquascape : Fungsi, Kebutuhan, Jenis, Wajib kah?

Rumus kimianya seperti ini:

C6H12O6→ 2C2H5OH + 2CO2+ 2 ATP

Co2 Aquascape yang terbuat dari bahan Ragi & Gula jika dicampur ke dalam air dan dimasukan kedalam wadah yang kedap udara, maka akan terjadi proses Fermentasi. Nah fermentasi ini akan memecah glukosa (gula) menjadi alkohol dan Co2

Nah co2 yang dihasilkan dari proses fermentasi inilah yang akan kita masukan ke Aquascape kita, dengan catatan alkoholnya tidak boleh ikut masuk ke Aquascape.

Kelebihan CO2 Ragul

  • Murah
  • Bahan & Alat mudah didapat
  • Dapat digunakan berkali kali
  • Tidak mudah meledak

Kelemahan CO2 Ragul

  • Tekananya tidak terlalu tinggi, sehingga kemungkinan CO2 gagal ngebul bisa saja terjadi (jika hal ini terjadi, baca cara Mengatasi Diffuser CO2 Aquascape Mampet / Macet)
  • Secara rutin harus mengisi ulang setiap CO2 Ragulnya habis (normalnya 9-12 hari sekali)
  • Harus menunggu 12 jam dulu, baru bisa ngebulll

Tutorial Membuat Co2 Aquascape dari Ragi & Gula

langsung saja kita masuk ke caranya. sebisa mungkin saya akan menjelaskan tutorial Membuat CO2 Aquascape dari Ragul (ragi & gula) ini dengan sederhana agar mudah dipahami oleh pemula

oiya durasi Co2 Aquascape dari Ragi & Gula / Ragul ini sekitar 9-12 hari & jika mau lebih lama, bisa ditambah soda kue & agar agar

Bahan & Alat

Wajib:

  • Botol Sprite 1,5L (botol sprite lebih kuat)
  • Botol Sprite 500ml
  • Tutup botol sprite (1)
  • Tutup botol Khusus Co2 DIY (1)– Harga Rp.15.000
  • Selang kecil +-2m atau tergantung kebutuhan – Harga Rp.1.000/Meter
  • Konektor Selang kecil (1) – Harga Rp.1.000
  • Diffuser Co2 – Harga Rp.0 – Rp.100.000 tergantung kualitas. Jika kaian mau yang gratis, bisa buat sendiri, cek Rp.0!! 4 Tutorial Membuat Diffuser CO2 DIY di Aquascape
  • Ragi Fermipan – Harga Rp.5.000
  • Gula Pasir 250-300 gram – Harga Rp.3,500
  • Alteco/lem korea/lem G – Harga Rp.4,500
  • Serbuk Kopi – silahkan ambil dapur hahahaha

Optional/Tambahan:

  • Seal Tape – Harga Rp.3.000 – mengatasi kebocoran gas
  • Pipa U sambungan selang – Harga Rp.8.000 – sebagai pelengkung selang pada atas aquarium
  • Check Valve – Harga Rp.8.000 – berfungsi agar gas yang sudah keluar tidak bisa masuk botol lagi & supaya air aquarium tidak masuk botol
  • Kran Selang Aquarium – Harga Rp.1,500 – pengatur tekanan Co2, kalau beli yang 1,500 wajib menggunakan sealtape
  • Agar Agar Swallow putih – Harga Rp.4.000 – menambah durasi CO2 Ragul
  • Soda Kue – Harga Rp.5000 – Menambah Durasi CO2 Ragul

Pembuatan Alat penghasil CO2 ragi + Gula

co2 ragul

Diatas adalah bentuk reaktor/pembuat CO2 nya

saya jelskan satu persatu, agar lebih enak

1. Untuk membuat Tutup A, gunakan tutup botol sprite yang sudah dilubangi, lalu dimasukan konektor selang di lubangnya. Agar tidak terjadi kebocoran gas maka pada balik botol diberi serbuk kopi lalu ditetesi lem alteco. Seperti gambar dibawah

mengatasi kebocoran co2 aquascape

2. Tutup B adalah tutup botol khusus CO2 Diy Aquascape. Itu adalah barang jadi, sehingga kalian tinggal konekin selang selangnya. Agar menghindari kebocoran, gunakan sealtape seperti gambar dibawah.

tutup botol diy aquascape

3. Check valve sudah saya terangkan fungsinya diatas. Nah penting! untuk pemasanganya tidak boleh kebalik. Cucuk dalam check valve itu bisa menunjukan arah nya. pemasanganya bisa di cek diatas

check valve aquascape

4. Jika kalian menggunakan kran seperti gambar dibawah (yang Rp.1500 an) maka kalian wajib ngesealtape nya. untuk lubang masuk / keluarnya, cek gambar dibawah

cukup banyak kasus kran Co2 murah yang bocor dikit dikit, maka dari itu saya wajibkan dikasih sealtape agar menghindari Co2 aquascape Bocor

5. Pipa U, kalian bisa lihat fungsinya seperti dibawah ini. Apabila kalian pakai Pipa U, aquascape kalian akan lebih rapi. Bakal terlihat pas jika menggunakan diffuser yang bening juga

pipa u aquascape

6. Selanjutnya, kalian Rangkai seperti gambar yang sudah saya buat tadi (diatas no 1). saya rasa mudah dilakukan jadi tak perlu saya tutorialkan

jika semua rangkaian sudah terpasang, sekarang kita lanjut meracik ramuannya

Baca Juga: CO2 DIY Ragul vs Cisod Bagus Mana?

Meracik Ragi & Gula

ragul aquascape pemula

saya upload lagi gambar yang diatas, agar kalian mudah melihatnya

1. BOTOL A: Masukkan 250 – 300 gram gula pasir, 1/4 sendok teh ragi fermipan. Nahhh, agar CO2 nya bertahan lama / tidak cepat habis masukan juga 1/2 sendok teh soda kue, 1/4 bungkus agar-agar swallow kedalam botol 1,5L.

2. Campur dengan air hangat, lalu kocok sampai semua terlarut. Air hangatnya usahakan hampir full, tapi tidak boleh sampai full. ini agar ruang udaranya lebih sempit sehingga CO2 akan langsung masuk ke Botol B

3. BOTOL B: sejatinya yang keluar dari Botol A adalah CO2 dan alkohol. Nah agar Alkoholnya tidak masuk ke Aquascape. maka pada Botol B diberi Air biasa. kira kira 1/2 sampai 3/4 botolnya. Sehingga alkoholnya akan mengendap/ tertinggal di Botol B

4. CO2 Ragul telah selesai , sekarang pasang ke aquascape kalian.

5. tunggu 12 jam, dan Co2 Aquascape DIY dari Ragul dijamin ngebul

Jika ada masalah dengan , langsung komen saja….

Kesalahan Saat Membuat Co2 Ragi & Gula

Namanya manusia tak lepas dari salah yaaa, maka dari itu saya akan sedikit membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membuat Co2 Ragi & Gula

1. Masalah Kebocoran

Permasalahan yang sering banget terjadi pada scaper yang masih baru mencoba CO2 DIY yaitu kebocoran pada reaktor/alat yang digunakan untuk menghasilkan CO2

perlu kalian ketahui, bahwa di botol botol tersebut nantinya akan memiliki tekanan udara yang tinggi (kalau gak percaya, kalian bisa pencet botol CO2 nya, rasanya bakal keras)

Karena memiliki tekanan cukup tinggi, maka setiap kebocoran sekecil apapun akan mengeluarkan CO2 yang lumayan banyak.

yang jatahnya bisa 9-12 hari, mungkin 3 hari sudah habis gara gara alat penghasil CO2 nya bocor

Beberapa Bagian yang sering Bocor

  • Tutup Botol A (solusinya sudah ada diatas)
  • Kran yang Rp.1500 an (solusinay ada diatas)
  • Tutup Botol B yang dibuat sendiri (oleh karena itu saya menyarankan beli saja Tutupnya)
  • Sambungan antar selang (tentunya kalian harus memasang dengan kencang)

Baca Juga: Aquascape Low Tech : bermain aquascape tanpa CO2

2. Co2 nya tidak Mau Ngebull

Jika kalian mengalami hal ini santai saja, saya dulu juga begini. Belajar dari kesalahan, sekarang CO2 saya auto ngebull teruss

bicara tentang Co2 Ragul yang tidak mau ngebull, ada beberapa faktor

Faktor CO2 DIY Ragul gagal ngebul:

  • Kebocoran, co2 yang diproduksi malah kebuang karena alatnya bocor
  • Tekanan Gas CO2 lemah, sehingga tidak mau keluar dari diffuser. Ini adalah masalah paling sering terjadi. Solusinya, pastikan kalian menggunakan bahan, alat dan ketentuan membuat CO2 Ragul dengan baik. Kalian bisa menambahkan ragi fermipan jika mau
  • Diffuser yang terlalu tebal. CO2 DIY ragul rata rata tekananya engga tinggi tinggi banget, sehingga kalau ada diffuser yang tebal, bisa tembus, bisa saja tidak. Kalian bisa mengamplas permukaanya jadi agak tipis & merendam air panas agar pori-pori diffuser lebih terbuka

Jika dengan beberapa cara diatas CO2 nya gagal ngebul, mungkin lain kalian kalian bisa coba Menggunakan CO2 DIY Citrun & Soda di Aquascape

3. Masalah cepat Habis

tentunya sedikit menjengkelkan dan agak membuat boros apabila CO2 Ragulnya cepat habis. Ada yang seminggu habis, ada yang 3 hari sudah habis

lalu apa penyebab dan solusi Co2 Ragul cepat Habis?

  • Kebocoran, yah lagi lagi kebocoran yang berulah, solusinya kalian bisa baca poin diatas no1
  • Ragi/ fermipan terlalu banyak, sehingga reaksi berlangsung cepat. Sehingga CO2 DIY ragul cepat habis juga
  • Penggunaan CO2 yang berlebihan (over). penggunaan yang berlebih pastinya membuat CO2 DIY Aquascape ini lebih boros, selain itu fauna di Tank kalian bisa mabok CO2. Solusinya yaitu gunakanlah kran nya untuk memperkecil penggunaan CO2.

Solusi Manjur: kalian bisa menambahkan 1/2 sendok teh soda kue, 1/4 bungkus agar-agar swallow ke dalam Botol A

Baca Juga: Cara Membuat CO2 Drop Checker / Indikator CO2 DIY Mudah

Akhir kata

Nah itulah tutorial dan pembahasan membuat CO2 DIY dari Ragi dan Gula di aquascape tercinta kalian. Jika ada masalah atau ada hal yang kurang jelas gass komentar

Jangan lupa SHARE YAAA

12 pemikiran pada “CO2 DIY Ragi & Gula Aquascape”

  1. Gan mau tanya kalo kran nya botol A Dibuka terus gak lama gak sampe sehari co2 hilang atau habis. Trus apa boleh kran botol a di tutup lagi?.

    Balas
    • Karena cepat habis, kemungkinan pasti bocor. Cara ngecek nya yaitu dicelupin ke air pas ada tekanan / reaksinya (kaya mau nambal ban), nah nanti yang ketauan bocor tinggal dibenerin. Kalau masalah kran, sebaiknya kran ditaruh seperti tutorialnya saja

      Balas
    • kalau misalkan ngga ngebulnya udah sekitar 1-2 minggu setelah diracik, itu tandanya sudah habis.

      tapi kalau baru 3 hari tidak mau ngebul lagi, pasti ada kebocoran. cara cek nya yaitu sistem co2 nya dari botol, selang, diffuser dll dicemplungin ke air. nah kalau ada gelembung yang keluar dari tempat yang tidak semestinya, itu lah tempat bocornya. dan sebaiknya diperbaiki. misalnya kalau sambungan selang bocor, ya diberi seal tape

      namun, kalau tidak bocor, kemungkinan masalah diffuser yang terlalu tebal. sehingga tekanan co2 dari ragul tidak bisa menembusnya. untuk itu bisa dibaca Cara Mengatasi diffuser mampet

      Balas
  2. kalo hbis pake itu di tutup rapat bisa mekedak gak ya? soalnya tiap malam lampu di matikan otomatis co2 hrus di matikan juga takut ikanya mabok.dan kalo gak di tutup botolnya co2 cepet hbis.

    Balas
    • sepengalaman saya, asal CO2 yang tersuplai ke aquascape tidak over, maka 24 jam tidak apa apa (saya aja 24 jam kok). masalah cepat habis, selalu cek cek kebocoran dengan cara setiap sambungan dicelupin ke ember yang diberi air,kalau ada yg ketauan bocor, segera perbaiki

      Balas

Tinggalkan komentar