Membuat Aquascape Mini

Aquascape adalah seni menata tanaman, kayu, batu, pasir dll di aquarium / wadah bening lain menjadi sebuah pemandangan. Aquascape adalah hobi yang sekarang ini lagi hot hot nya dan banyak diminati masyarakat, tentunya karena keindahan serta keunikanya.

Untuk membuat aquascape diperlukan modal, ilmu dan kekreatifan agar tercipta sebuah seni yang sangat indah, namun memiliki ekosistem yang baik di dalamnya. sehingga aquascape yang dibuat tersebut akan dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama

salah satu kreasi atau jenis aquascape yang juga banyak dicari, adalah aquascape mini. ada beberapa alasan mengapa aquascape mini sangat diminati

  • Murah, siapkan beberapa ratus ribu saja sudah bisa
  • Mudah, pembuatanya tidak serumit aquascape yang ukuranya besar
  • Fleksibel, dapat ditaruh dimana saja baik di meja belajar, meja kerja dll
  • gampang dirawat, aquascape mini memiliki keunggulan yaitu mudah banget dirawat (saya jelaskan nanti)
  • fungsional, bahkan aquasape mini bisa loh untuk lampu tidur dll
  • Tanpa filter sehingga lebih hemat
  • tanpa CO2, kalian tidak usah ribet ribet kasih CO2 baik DIY maupun tabung

tertarik membuat aquascape? ini nih saya kasih

Cara Membuat Aquascape Mini

untuk cara pembuatan aquascape ini ada beberapa tahap. yang pasti akan saya jelaskan secara informatif agar kalian tidak salah beli, atau kalian sudah beli tapi tidak tau fungsinya.

Nah aquascape mini ini yang akan kita buat akan seperti ala ala lowtech (emg lowtech sih) yang kalau kalian tidak tau, bisa baca di artikel apa itu aquascape lowtech

Alat & Bahan

Disini akan saya susun resep bahan bahan yang sudah pasti & dapat membuat ekosistem yang baik. sehingga di kemudian hari tidak ada masalah masalah yang bermunculan, misalnya algae, tanaman mati atau masalah lain

bahan aquascape

1.Bakteri Starter

ini adalah benda yang opsional, namun sangat dianjurkan untuk digunakan. Jadi barang “bakteri starter” ini akan mempercepat munculnya bakteri baik yang bisa mengubah kotoran menjadi nutrisi

Harga Rp.15.000 – 20.000

2. Rumah Bakteri

Karena bakteri baik / bakteri nitrifikasi ini sangat penting dalam aquascape. maka juga diperlukan rumahnya agar si bakteri tidak gelandangan. Nah untuk rumah bakteri kalian bisa menggunakan Karang jahe, batu apung, atau rumah bakteri khusus aquascape.

saran saya gunakan yang rumah bakteri khusus aquascape karena bisa menyimpan nutrisi berlebih dan sebagai rumah bakteri yang baik

Harga: Karang jahe & batu apung Rp.5000, untuk rumah bakteri aquascape Rp.30.000

3. Pupuk dasar

tanaman akan sangat subur jika diberi tambahan pupuk. setuju tidak? kalau iya, maka sebaiknya kalian juga gunakan pupuk khusus aquascape yang biasa dijual di toko aquascape. Pupuk ini sangat berperan penting dalam pemberian nutrisi baik jangka pendek maupun panjang

harga: Rp.25.000 – 35.000

4. Soil

soil adalah media tanam yang telah diolah sedemikian rupa dari bahan dasar tanah & diberi kandungan tertentu sehingga menjadi media tanaman untuk tanaman air yang sangat baik & bernutrisi.

Nahhh ini nih yang cukup penting. karena soil ini selain untuk media tanam, ini juga bisa memasok nutrisi untuk tanaman dalam jangka panjang. sehingga tanaman akan lebih subur

harga: Rp.25.000 – 35.000

5. Pasir hias

ini juga optional, namun akan lebih cantik apabila menggunakan pasir hias. selain itu pasir ini memiliki sifat mencengkram kepada tanaman, sehingga tanaman tersebut tidak mudah lepas

gunakan pasir hias yang memiliki butiran yang kasar agar tidak membuat kondisi bawah substrate menjadi anaerob yang akan mengganggu serta membuat bakteri tidak optimal dalam mengolah kotoran

harga: Rp.10.000 – 20.000

salah satu keberhasilan aquascape mini yang tumbuh subur & minim masalah adalah adanya bahan no 2,3,4. lebih baik lagi diberi yang no 1

oiya jika kalian lihat harganya kok mahal mahal ya? yaaa sebenarnya tidak juga karena kalian bakal menggunakan seperempat (1/4) hingga setengah (1/2) dari masing masing bahan tadi (saja). nah sisanya bisa kalian buat untuk aquascape mini lagi yang bisa kalian hadiahkan ke orang tersayang

lanjut

6. Aquarium / toples

terserah kalian mau pilih yang mana, apa aja yang ada tinggal dipakai. yang jelas, barang tersebut bukan hasil curian hehe

7. lampu

untuk lampu, kalian bisa gunakan lampu led untuk ruangan, atau kalian juga bisa menggunakan lampu untuk aquascape. namun saran saya gunakan lampu led ruangan karena lebih cerah nyala nya sehingga bisa membuat tanaman lebih subur

jika kalian menggunakan lampu led ruangan, kalian juga harus membuat dudukanya ya agar bisa dipakai. selain itu gunakan lampu yang terang, namun jangan yang terlalu terang

8. Pinset

terserah juga mau pakai pinset aquascape atau yang untuk lain lainya. yang penting benda tersebut fungsinya bisa menjepit dan menancapkan ke substrate / media tanam dengan mudah

Tanaman

tanaman aquascape mini

Nah di artikel Tanaman Aquascape mini, sudah saya jelaskan bagaimana kriteria tanaman yang baik untuk aquascape mini. ini penting kalau tanamannya salah, ya ekosistemnya kurang baik. selengkapnya bisa kalian cek dulu

nah disini kita akan gunakan tanaman sebagai berikut

  • staurogyne repens
  • Hydrocotile tripartita
  • alternanthera reineckii mini
  • amania bonsai red
  • progostemon erectus
  • rotala green
  • rotala Hra
  • myriophyllum tuberculatum

Langkah Langkah

nah masuk ke langkah langkah. simak baik baik ya agar tidak salah penyusunan media tanam, atau salah menata bahan bahanya

1. Siapkan Alat, Bahan, serta tanamanya

Untuk menyiapkan alat dan bahan, kalian bisa beli di toko online atau toko aquascape terdekat kalian. bahan bahan no 1-5 diatas perlu saya ingatkan lagi bahwa yang dipakai paling tidak sampai setengahnya saja, sehingga kalian bisa membuat aquascape mini 2-3 dalam sekali beli bahan.

2. Susun media tanam dengan benar

nah di artikel substrate aquascape, saya sudah cukup panjang lebar memberikan penjelasan pentingnya media tanam yang baik bagi tumbuhan. apalagi kalau kalian bikin aquascape mini, substrate menjadi hal yang sangat krusial dan memegang peranan penting dalam ekosistem aquascape mini

susun bahan No 1-4 seperti dibawah

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 208-1.png
  • Lapisan 1: bakteri starter
  • lapisan 2: rumah bakteri
  • lapisan 3: pupuk dasar
  • lapisan 4: soil
  • adapun tambahan bisa kalian timpa lagi dengan pasir hias

nah penyusunan media tanam sebaiknya semakin kebelakang semakin tinggi. sehingga tanaman yang dibelakang akan kelihatan

TIPS PENTING: apabila kalian menggunakan pasir hias, sebaiknya dicuci dahulu yaa

3. Isi air sedikit

aquascape mini toples

selanjutnya agar lebih mudah menanamnya, kalian isi air ke dalam wadah sedikit demi sedikit. hal ini dilakukan agar kotoran tidak terlalu berhamburan, serta tidak merusak susunan substrate yang sudah kalian buat tadi

4. Penanaman Tanaman

penempatan tanaman

nah ini nih yang cukup seru, adalah tahap menanam tanaman aquascape.

Tanaman aquascape pada umumnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu depan, tengah dan belakang. hal ini bertujuan agar apabila dilihat dari depan, semua tanaman akan terlihat semua tanpa ada yang saling menutupi. coba deh kalian pikirkan nasibnya kalau tanaman yang panjang (tanaman belakang), eh tiba tiba ditaruh di depan

Tanaman di depan:

  • staurogyne repens
  • Hydrocotile tripartita
  • alternanthera reineckii mini

Tanaman di Tengah

  • amania bonsai red
  • progostemon erectus

Tanaman di Belakang

  • rotala green
  • rotala Hra
  • myriophyllum tuberculatum

untuk penempatan tanaman setiap bagianya, bisa kalian lihat gambar diatas, sudah saya buatkan peta penempatanya. tinggal kalian ikuti saja

saran saya, usahakan penanamanya lebih padat, karena ini sangat membantu ekosistem aquascape saat awal awal setup agar tidak mudah terkena algae.

menanam tanaman dengan pinset

untuk penanamanya kalian bisa menggunakan pinset agar lebih nyaman. Sekali tancap, kalian bisa gunakan 2-3 batang tanaman sekaligus. tancapkan ke media tanam sedalam 2-4 cm

5. Isi Air Perlahan

agar air tetap jernih, gunakan selang kecil sehingga debu debu yang ada di substrate tidak berhamburan yang membuat air semakin keruh. tentunya ini butuh sedikit kesabaran kalau kalian menggunakan selang kecil

nah setelah selesai, tinggal kalian rawat deh

aquascape mini tanpa filter

Bagi yang mau model aquascape lain. kalian bisa lihat beberapa desain aquascape mini dibawah ini

kalian juga bisa berkreasi desainya sesuka hati. ciptakan aquascape yang terbaik dengan gaya kalian sendiri

Cara Merawat Aquascape Mini

nah di bagian ini saya akan sedikit jelasin saja karena memang untuk perawatanya sangat mudah sekali.

lalu apa saja yang harus kita lakukan?

  1. Untuk durasi lampu, sebaiknya gunakan metode siesta yaitu 5 jam nyala – 4 jam mati – 5 jam nyala lagi. sehingga selama fotosintesis, asupan CO2 tanaman tercukupi. kalian bisa gunakan stopkontak timer yang bisa didapatkan di toko
  2. untuk 1 Bulan pertama, ganti air 2x – 4x tergantung air kalian keruh atau tidak. pergantian air ini sebanyak 30% dan dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali
  3. gunakan 3-5 keong tanduk/ keong turbo agar aquscape semakin terlihat bersih. keong ini juga membantu kalian mengatasi masalah algae
  4. Gunakan juga ikan secukupnya, jangan terlalu banyak agar kotoranya tidak menumpuk. selain itu jangan gunakan terlalu sedikit agar tanaman dapat asupan CO2 yang cukup. namun untuk aquascape yang seukuran toples, 1-2 ikan saja sudah cukup
  5. apabila umurnya sudah 1 bulan lebih dan airnya keruh, cukup ganti 30% saja. selain itu cari penyebabnya, misalnya ikanya kebanyakan dll
  6. sedikit bekal buat kalian. bahwa bukan tidak mungkin aquascape mini akan terkena algae oleh karena itu saya sudah siapkan artikel cara mengatasi algae di aquascape mini

nah gampang kan? dari mulai pembuatan dan perawatanya memang sangat mudah

berikut video lengkapnya

akhir kata

itu saja ya tutorialnya. saya rasa kalian pasti paham kan dengan tutorial yang sudah saya sampaikan + perawatanya. jika ada pertanyaan, komentar ya

*sumber gambar berasal dari channel youtube aquajaya x aquariset,

Tinggalkan komentar